May 7, 2011 , , , , ,

Senyum, Semangat!

bayi-sukses

Semangat merupakan dorongan moral yang diberikan untuk membantu seseorang atau orang lain untuk berhasil,,, benar tidak???

Well, itu hanya pendapat saya.

Karena beberapa hal saya menyimpulkan definisi semangat seperti itu.

Awalnya saya merasa bahwa semangat hanya sebuat kata sifat yang bisa saja, tapi dalam beberapa atau mungkin banyak orang, semangat bisa jadi obat ampuh untuk berhasil.

Suatu ketika teman-teman kelas saya mengikuti sebuah acara pertandingan olahraga antar jurusan di fakultas. Dari tahun sebelumnya, saya lihat pemain yang turun ke lapangan ya itu-itu saja. Jadi saya juga tidak begitu antusias dan optimis menang, karena memang begitu biasanya. Tapi berbeda dengan tahn lalu, tahun ini supporter kami begitu bersemangat, semangat untuk menyanyikan yel-yel ataupun sorakan lain untuk menyemangati pemain kami untuk menang, dan hasilnya usaha kami untuk mengeluarkan suara sekencang-kencangnya tidak sia-sia. Pertandingan futsal seri pertama kami menang,,,

Wow,, sangat senang rasanya malam itu,

Walaupun masih ada 4 pertandingan futsal lagi,, tapi kami optimis sekali bisa maju ke babak selajutnya.

Sampai salah satu teman saya membuat status seperti ini :

” Pemain terbaik malam ini bukan kiper, bek atau striker,, tapi yang terbaik adalah para suporter,,, ”

Saat membaca status itu saya sempat kaget, dan berfikir, benarkah????

Semangat memang salah satu usaha untuk membantu orang untuk berhasil, walaupun tidak semua orang merasakan hal itu,

Contohnya saja begini, anggaplah si X adalah orang yang berbakat tapi pemalu,,

Banyak hal yang bisa dia lakuin dengan kemampuannya, tapi orang lain ga tau, makanya tu bakat dipendem ajah. Sampe misalkan suatu ketika ada temennya yang ngeh dan ngasih semangat ke dia dan ngeyakinin dia akan bakatnya itu.

semangat donk???!!

Dan bakat yang mulanya diem-diem itu jadi ke ekspos dan akhirnya dikenal orang. 80% Suksesss karena semangat…

 

Tapi ada juga kasus lain,

Contoh 2, si XX. Dia adalah orang dengan tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Dia ngerasa bahwa dengan kemampuan yang dia punya, dia bisa ngerjain apa aja dan ga peduli bisa atau ngga. Dari pengalaman itu, dia struggle banget dan akhirnya bisa sukses menjalani kehidupan.

Semangat bukan jadi faktor penentu dia buat sukses. Menurut dia sukses adalah kerja keras dan usaha.

Well, it’s ok.

 

Kasus lain lagi,, si XXX.

Sama seperti cerita pertama saya tadi,

Dia ini punya skill, dia juga ga malu dalam memamerkan skill nya,

Tapi dengan semangat yang tinggi dari teman2 lain, misalkan disaat ada pertandingan, nilai keberhasilan itu kadang ngga diliat berdasarkan menang atau kalahnya, tapi proses perjalanannya.

Dan saat memang menang, kebahagiaan karena sukses itu terasa bersama,

Kalopun kalah, ga yang bikin nyesek banget juga, kan ada temen2 yang udah ngasih semangat, yang berarti mereka yang menyemangati udah ngasih kepercayaan atas kemampuannya. Berhasil atau ngga, itu bukan tolak ukurnya. Di semangatin sukur,, ga disemangatin juga gapapa, kan punya skill buat modal berhasil. Semangat nyumbang 50:50 lah,,,

Ya intermediete lah dari tipikal orang X sama XX.

Semangat itu penting loh dan berperan juga dalam keberhasilan seseorang.

Walaupun kadar semangat yang ngaruh buat masing-masing orang tu beda-beda, tergantung pribadi sama skill juga. Ada yang punya skill dan pemalu, tapi begitu di semangatin jadi berhasil. Ada yang hebat dan percaya diri,, tanpa banyak di semangatin juga bisaa berhasil. Ada lagi yang skill nya emang bagus, dan ditambah banyak yang nyemangatin,, jadinya semakin semangat dan berhasil, dan hasilnya makin bagus. J

Kadang saat jenuh sama aktivitas yang itu-itu aja, udah mulai males ngapa-ngapain,, eh tiba2 dapet semangat dari orang yang paling dikasihi, entah telpon atau sms,,, weitsss, ga nunggu lama, langsung semangat lagi. :D

Kadang ngedropp karena ada masalah dan bingung nyelesainnya gimana, eh liat foto bareng temen-temen sekolah dulu, inget waktu suka-duka dulu, waktu jalan rame-rame dulu, waktu ngerjain tugas bareng dulu, waktu jail bereng dulu,,… langsung deh senyum-senyum lagiii,,!!

Atau stress akibat kerjaan numpuk, uang bulanan tinggal sedikit, bayar listrik, bayar kostan, bayar ini-itu,,, tapi pas liat foto orang tua yang ga pernah lepas nyemangatin kita, langsung dah  bangkit lagi !!

So, jangan pernah nyerah buat ngejar keberhasilan kamu, inget kalo dibelakang banyak orang yang secara langsung ataupun ngga udah ngasih semangat buat keberhasilan kita… ^_^