Seperti Apa Halalan Toyyiban Itu?

17 Flares 17 Flares ×

halalan toyyibanTadi siang saya sholat jumat di masjid saya. Penceramahnya salah satunya bahas tentang apa itu dan praktiknya dari kata: “halalan toyyiban“.

Saya sendiri sih sebenernya sudah mendengar istilah ini dari kecil kalo gak salah. Tapi hanya baru denger-denger aja. Pengertian PASTInya juga belom tahu betul seperti apa. Yang saya tahu paling ya halal halal gitu aja.

Ternyata pengertiannya gini sodara-sodara.

Halal + Toyyib

Halal

Halal itu sendiri terbagi dua. Yaitu:

  1. Halal bendanya
  2. Halal cara mendapatkannya.

Misal kita minum bir. Itu haram. Meski kita membelinya dengan uang hasil keringat kita sendiri. Itu tetap saja haram! karena bendanya itu sendiri yang haram.

Begitu juga apabila kita memakan buah mangga. Benda itu halal apabila kita mengkonsumsinya. Tapi kalau kita mendpatkannya dengan cara mencuri, jatohnya jadi haram buah mangga tersebut. Ngomong-ngomong soal mangga, colek dikit ah artikel saya yang bawa-bawa buah mangga: Mangga Matang, Sebentar Lagi Akan Busuk. :P

Toyyib

Nah kalau untuk toyyib ini yang jarang dibahas. Toyyib ini ternyata mengarah kepada kebaikan si pelaku itu sendiri.

Contohnya gini. Pak Budi bekerja dengan cara yang halal yaitu bekerja di kantor departemen agama misalnya ( wuihh bawa-bawa depag biasanya halal dah pokoknya). Lalu sepulang dari kantor, dia membeli daging kambing. Lalu dia memakannya.

Mari kita telaah dari kehalalannya. Dari segi bendanya? yap daging kambing halal. daging babi baru yang haram. Dari segi mendapatkannya? Yap dia juga halal. Eh ternyata pak Budi ini punya penyakit darah tinggi! Nah ini disebut tidak Toyyib!

Karena bisa membahayakan dirinya sendiri. Dan dalam kasus ini apabila Pak Budi tetap memaksakan dirinya untuk memakan daging kambing, maka dia tidak Halalan Toyyiban! Hanya Halal saja!

Nah kita sebagai umat Islam dianjurkan untuk selalu melakukan atau mendapatkan yang Halalan Toyyiban! bukan yang halal saja. Dan bukan yang Toyyib saja.

Segitu aja artikel kali ini sodara-sodara. Semoga bermanfaat.

 

17 Flares Facebook 11 Twitter 3 Google+ 3 17 Flares ×

17 Flares Facebook 11 Twitter 3 Google+ 3 17 Flares ×