Cara Belajar Yang Baik. Cara Belajar Yang Baik, bahkan pualling baik  Menurut Saya !

Saat SMA dahulu, saya punya temen yang suka tanya ke saya tentang MTK.

Sehabis guru menjelaskan materi baru, serta cara mengerjakannya, maka guru akan langsung memberikan soal latihan.

Nah murid – murid sekelas pada ngerjain semua. Dengan gegap gempita sekan-akan yang bisa mengerjakan duluan, akan dikasih uang sejuta.

–<>–

Nah disaat saya sedang megerjakan soal, pasti ada suara seperti ini :

” Blend Blend….., ini caranya gini kan ya buat nomor yang ini kan ya ? “

Saya jawab :Iya Iya !

2 detik kemudian :

” Blend Blend… lah yang ini harusnya dicari dulu kan ya akarnya ya ? “

Saya jawab : Iya iya !

3 detik setelah 2 detik tadi :

” Lha Blend bukannya dikali dulu sama si X ? “

Saya Jawab :

Woi Kam ! ( anggap saja namanya kambing ya ) ” Pernah gw tendang pake sepatu yang bawahnya paku gak ??!!! ”

Si kambing berkata : ” yaelah blend nanya doankkkk… gitu amat “

” Gw khan TAKUT SALAH, makanya gw nanya “

Saya jawab lagi : ” lu mah takut salah mulu ! “

–<>–

Setiap hari seperti itu mulu ! setiap ada soal ! selalu si kambing bertanya kepada saya. Padahal saya juga baru dijelaskan sama seperti dia. Sama seperti murid lainnya. Semuanya baru dijelaskan caranya oleh guru yang menerangkan materi tersebut.

–<>–

Nah kemudian suatu hari saya bertemu dengan sesama teman sebaya. Namun kalo sama dia, saya bawaannya ngomongin filosofi hidup, motivasi, psikologi, karakter manusia. Pokoknya tidak berbicara tentang anak mudaSMA yang biasanya seputar perempuan dan ngeband.

Saya ceritakanlah kepada teman saya tersebut tentang perilaku kambing yang selalu mengganggu saya. Teman saya tersebut tersenyum, lalu berkata kepada saya :

” anggap aja gw gak pernah ngerti yang namanya buah – buahan, dan lu harus jelasin ke gw ya blend gimana rasa buah yang bakal gw tanyain “

dimulailah percakapan saya dengan teman yang suka berbagi filosofi tersebut :

” Blend, lu tahu rasanya apel gak ? kata orang -orang manis ya ?

Saya Jawab : ” ya apel rasanya manis “

” tahu rasanya mangga gak ? kata orang pahit ya “

Saya Jawab : ” gak. rasa mangga tuh manis “

” Berarti rasanya apel sama mangga sama donk !? sama – sama manis “

Saya Jawab : ” ya gaklah ! manisnya apel sama mangga tuh beda ! manisnya apel ya gitu…. manisnya mangga ya gitu… “

” lah jelasin donk bedanya dimana…biar gw tahu gimana rasanya apel sama rasanya mangga … “

Saya Jawab : ” mendingan lu rasain aja dah ! biar ngerti sendiri beda rasanya ! biar lu tahu juga kalo ternyata pendapat tuh orang salah ! “

Teman saya tertawa dan menunjukkan jarinya serasa koboi.

” Gotchaaa blend ! Lu jelasin ke si kambing kayak gitu ya blend ! Gimana Cara Belajar Yang Baik

” Hahahahah ! thanks atas pencerahan lu frend ! “

–<>–


–<>–

Dalam mencoba hal baru, dalam mempelajari sesuatu, dalam mendalami suatu praktek, kadang kita hanya mau jalan, kalau sudah diberi panduan ! diberi tuntunan !

Atau yang lebih ekstrim, minta dipandu kalau perlu !

Karena apa ??? karena takut salah !

Kalau mau jago tahu caranya gimana ????

TERJUN AJA LANGSUNG !!!!!

Biar tahu sendiri gimana sensasinya ! gimana rasanya ! gimana seharusnya !

kalau salah ??? ya bagus ! jadi belajar khan ???!!! jadi tahu khan ???!!! jadi inget khan !

1. Ada teman saya yang mau maen PTR, tapi minta dikasih tahuuuuuuuuuuu mulu !

2. Ada teman saya yang minta dijaajarin caranya dekatin perempuan, maunya dengeriiiiin mulu ! baca panduannnn mulu ! prakteknya gak mau ! takut gagal ! takut ditolakk !

3. Ada yang disuruh verifikasi tuh paypal kalo emang mau maen PTR… takut limitedddddddd mulu !

Woyyyy ! sadar bang ! terjun aja langsung ! ntar kalo ada apa- apa baru tanya ! ini belom ngapa-ngapaian udah banyak tanya !

–<>–