Dalam Ngeblog, Anda Sudah Stadium 1, 2, 3, Atau 4 ???

Setiap segala sesuatu bisa diukur dengan sebuah parameter. Ada yang pasti dan detail, dan ada juga yang tdak detail dan pasti.

Untuk sebuah perasaan saja, misalnya perasaan cinta, bisalah kita mengukur seberapa besar ukuran cinta kita terhadap sesuatu. Meskipun tidak ada ukuran yang saklek dan pasti dalam menghitung kadarnya.

Nah ceritanya sekarang saya mau mengklasifikasikan kedalaman-kedalaman sebuah gejala ketagihan terhadap kegiatan Ngeblog. Yang dalam dunia kedokteran disebutnya ” Stadium “ .

Ceritanya dalam artikel kali ini, saya maen diagnosa-diagnosaan gitu loh…

Mari kita mulai diagnosanya…

Stadium 1

Ini adalah tahap ketagihan awal seorang blogger yang mulai ada rasa bahagia saat tulisannya da yang mengkomentari, dan bersedih terhadap sepinya komentar pada artikel terbarunya.

Biasanya ini minggu pertama dan kedua saat mereka sudah mulai blogging.

Mereka semangat sekali blogging, bisa berlebihan tiba-tiba dan drop juga semangatnya tiba- tiba. Biasanya mereka ini masih tertarik ngeblog karena bisa mendatangkan uang bagi mereka. Habis beli ebook kali ! Huahaha

Dan biasanya postingan awal-awalnya banyak ngebahas artikel tentang produk afiliasi yang mereka ikuti, berharap ada yang mengklik, dan melakukan pembelian ( huahaha )

Ibaratnya semangat ngeblog mereka masih dalam tahap gorengan yang baru digoreng, terus diangkat ke piring untuk dimakan. Masih anget banget !

Tahap kesadaran bahwa ngeblog bisa mendapatkan efek positif selain uanglah, yang bisa membuat mereka lolos dari keadaan stadium 1, yang bisa disebut juga stadium anget-anget tahi ayam ! Gurarara !

Oia, seiring mereka mendapatkan banyak efek positif dari kegiatan ngeblognya, mereka bisa beranjak menuju ketagihan ngeblog stadium 2.

Stadium 2

Stadium yang mulai menggambarkan sebuah pencapaian ketagihan seorang bloggers yang sudah mencapai keadaan ” Blogging for fun “.

Biasanya dicapai oleh blogger yang sudah mendapatkan atau bahkan menciptakan sebuah komunitas tersendiri dari blognya.

Atau mungkin blogger yang sudah merasakan kebahagiaan, efek termotivasi dalam hidupnya setelah menjalani kegiatan blogging selama beberapa bulan ini.

mereka sudah mulai kacanduan dikit – dikit dalam blogging. Mulai merasa resah kalau tidak menjalankan blogging dalam setiap 2- 3 hari.

Ibaratnya orang yang mendapatkan mainan baru, dan senantiasa untuk memainkan mainannya itu. Karena ternyata mainan yang disebut ” blogging ” itu sudah bisa membuatnya nyaman dengan hidupnya, itulah penggambaran blogger yang sudah ketgihan blogging pada tingkat stadium 2.

Stadium 3

Ini bagaikan ketagihan layaknya anda makan dan minum setiap hari. Serasa anda itu butuh sekali dengan keghiatan ngeblog. Sampai pada tahap ngeblog stadium 3 ini, adalah puncaknya blogging yang sempurna menurut saya.

Karena sampai akhirnya blogging adalah kegiatyan yang mendarah daging dalam seorang blogger tersebut.

rasanya kalau tidak posting dalam 2-sampai 3 hari sekali, rasanya kayak merasa berdosa malahan. Bahkan ada yang terbit artikel setiap hari, yang dijuluki blogger koran! ( Asik dah julukannya mas Iwankus dipakai )

kalau tidak melakukan blogwalking, rasanya seperti meninggalkan sebuah persahabatan yang menentramkan hatinya di sela-sela perjalanan hidupnya selama ini.

Dalam stadium 3 ini, seorang blogger sampai sudah merasa menyatu, mencinta dan butuh terhadap yang namanya ngeblog ! Ini adalah tahapan positif tertinggi pula yang saya rasa, harus dicapai oleh semua blogger.

pada tahap ini, uang mungkin bukan menjadi tujuan utamanya lagi, karena kebahagiaan sudah merajalela dalam tubuh seorang blogger stadium 3 ini.

So, mau dapat uang dari blog kek, mau gak kek, mereka sudah sangat tidak memikirkan itu semua.

Yang penting berbagi, berbagi lagi, tertawa, merenung, menjain persahabatan, saling menghibur, saling menyemengati, saling menasehati, dan mengambil hikmah dari setiap perjalanan ngeblognya.

Merekalah yang berani mengatakan :

” Aku mencintai dunia blogging dengan atau tanpa aku mendapatkan uang “, saat ada teman atau keluarganya yang menanyakan :

” Memangnya sudah mendapatkan berapa juta dari ngeblogmu itu ? “

What a wonderfull blogger ! And what a wonderfull for Stadium 3 !

Stadium 4.

Kalo untuk menggambarkan ketagihan yang parah dari stadium 4 adalah anda sudah sangat amat ketergantungan ! Ketergantungan yang sangat menyebabkan efek negatif malah.

Lupa beribadah, lupa bergaul dengan dunia nyata, lupa mandi, lupa belajar, lupa berinteraksi dengan keluarga. jadi autis dech pokoknya.

Dan parahnya lagi, jadi melupakan seala hal-hal yang wajib dilakukan !

Dan yang lebih memperparah lagi adalah, ketagihan ini sudah tidak bisa dihentikan ! Sama seperti orang ketergantunga narkobalah.

Kalau narkoba bisa mematikan, kalau ketagihan ngeblog stadium 4, bisa menyebabkan kematian juga. Kematian perlahan.

Misal kurang minum dan menyebabkan ginjal rusak ! Ambien karena duduk kelamaan ! Kepala stress gara-gara mekihat ranking alexa ataupun Pagerank tidak turun – turun ataupun karena utang blogwaking kebanyakan ! mata jadi sayu dan merah karena melototin komputer terus ! dan lain-lain.

Pokoknya jadi berlebihan dech ! Padahal khan dalam setiap apapun, kita tidak boleh dengan yang namanya berlebih-lebihan. Ok ???

Ini hanya diagnosa saya terhadap tingkat ketagihan seorang blogger. Bukan berarti saya belagu – belaguan berasa saya sudah melewati dan merasakan semua stadium itu ya… hanya perkiraan saja kok dalam pengandaiannya.

Dalam tahap stadium anda saat ini ???? hanya anda yang tahu dan menilainya …

Mari kita kejar stadium 3 !

:csenam: