Kebahagiaan Hidup dan Ketenangan Hidup Adalah Segalanya Dalam Hidup Ini :-)

P.S : Tolong Jangan tanyakan kepada saya apa yang menyebabkan saya gelisah.

–<>–

Pada tanggal 5 November yang lalu saya mengalami kegelisahan yang sangat luar biasa. Sangat luar biasa !

Saya tidak bisa nafsu makan, tidak bisa berkonsentrasi ibadah, tidak bisa belajar dengan tenang, tidak bisa tersenyum lepas.

Masya Allah pokoknya !

5 hari lamanya saya merasakan kegelisahan itu !

Dan dalam 5 hari itu hari hari rasanya benar – benar seperti di neraka !

Saya tidak bisa menjelaskan kepada siapa – siapa mengenai kegelisahan saya tersebut ! ini adalah mengenai keteledoran saya !

Hingga hari ke 3 di kegelisahan itu, saya akhirnya bercerita kepada salah satu orang teman saya.

Meskipun sudah diberi nasihat, tetap saja saya gelisah ! gelisah yang pokoknya gelisah ! Gelisah paling gelisah dalam hidup saya selama 21 tahun saya telah hidup di dunia ini !

Ya itu adalah sebuah kesalahan saya ! Dan saya gelisah !

–<>–

Hingga akhirnya Allah memberi jawaban setelah 5 hari itu. Tanggal 10 November tepatnya Allah telah menolong saya terlepas dari kegelisahan saya yang amat sangat itu !

–<>–

Ya Allah telah memberikan jawaban kepada saya pada hari ke 5 itu ! 🙂

–<>–

Saya ingin berkata bahwa kebahagiaan dan ketenangan dalam hidup adalah segalanya !

Dahulu saya berfikir, masa iya sih kalau ada orang kaya yang rumahnya ada 5 terus mobilnya ada 10 terus segala macam aset yang dia miliki, tetapi dia tidak bahagia dalam hidupnya !

Masa Iya ???!!!

–<>–

Iya ! Saya sekarang percaya ! Saya percaya itu !

–<>–

Saat saya di tengah kegelisahan selama 5 hari itu,  kalaupun saya mendapatkan $50.000, saya tetap akan gelisah ! dan uang itu tidak akan berarti dalam hidup saya ! Serius !

Kalaupun ada yang tiba – tiba memberikan saya rumah mewah sebanyak 5 buahpun, saya tetap akan gelisah ! tidak senang pokoknya dengan pemberian 5 rumah mewah itu !

–<>–

Kalau dalam artikel ” 3 Keadaan Dimana Uang Tidak Diperlukan Lagi “, saya masih mengandai – andai bahwa uang mungkin tidak terlalu berarti kalau kita hidup tidak dalam kondisi kebahagiaan ataupun ketenangan, sekarang saya bisa berkata ” IYA ! “

Uang itu PENTING ! tetapi menjadi tidak penting kalau hidup anda tidak bahagia dan tenang !

–<>–

Buat anda yang hidupnya datar – datar saja, tidak ada perubahan yang berarti gitu…. ibaratnya datar – datar saja, saya sarankan anda harus TETAP BERSYUKUR ! “.

Ya sebenarnya anda tetap diberikan kenikmatan oleh Allah setiap harinya ! meskipun anda tidak ada peningkatan apapun dalam hidup anda. misalkan yang anda harapkan adalah peruahan ke arah kebaikan dalam hal keuangan misalnya.

Kenapa harus bersyukur ????!!! Lah wong gitu – gitu aja !

Ye…… anda tidak berfikir ya…  ???

Di belahan sana, ada yang sama Allah sudah diambil tangannya karena kecelakaan, ada yang diambil oleh Allah matanya karena penganiayaan, ada yang kakinya patah karena ketelodaran teman yang mencelakakan dirinya.

Intinya anda harus bersyukur saja ! tentunya saya sedang membentak diri saya juga !

–<>–

Yang korupsi, yang memperkosa, yang membunuh, yang membantai, yang menyiksa pembantu…. mereka fikir mereka aman aman saja gitu ??? Lalu kita sebagai pihak luar juga kesal dengan mereka gitu ???

Sebenarnya tidak perlu ada pengadilan pun, mereka sudah terhukum oleh perbuatannya sendiri. Dosanya !

Dan kitapun tidak perlu benci dengan mereka… mereka juga sudah tersiksa kok oleh rasa bersalah mereka.

–<>–

Intinya bagi anda yang sudah hidup dalam ketenangan dan kebahagiaan. bersyukurlah…karena itu semua merupakan hidup terindah sebagai insan manusia. Percaya deh !

–<>–

Ngomong – Ngomong soal hidup dalam kebahagiaan dan ketenangan, saya ada rekomndasi buku nih yang bagus. Yang mengajarkan kita- kita agar hidup bahagia.

Buku yang berjudul ” The 7 Laws Of Happiness ” karangan Alvan Pradiansyah.



Atau kalau mau membaca ringkasan materinya, bisa dibaca pada 2 artikel ini :

1. 7 Rumus Kebahagiaan

2. 7 Rumus Kebahagiaan ( Tamat )

Semoga bisa diambil manfaatnya dari postingan ini.

Bukan sok ingin dewasa.. tetapi benerrrr deh…. uang itu bukan segalanya dalam hidup ini ( bukan berarti uang tidak perlu loh ya ).

Yang segalanya adalah kebahagiaan dan ketenangan dalam hidup. Perjalanan saya dalam mengarungi kegelisahan dalam 5 hari itu, sampai akhirnya Allah memberikan jawabanlah yang membuat saya berani membuat artikel seperti ini.

–<>–

Ada yang ingin berkomentar atau memberikan pendapat tentang uang, kebahagiaan hidup, ketenangan, ataupun prinsip – prinsip hidup ???

Silahkan…. saya sedang ingin banget nih membahas yang seperti ini. Panjang – panjang juga gak papa komentarnya. Terimakasih malahan ! Dan saya akan mengingat komantar dan menghargai komentar panjang anda 🙂